Assalamualaikum wr.wb


Sebelum saya menjelaskan isi blog ini kenalan dulu yuk klik Biodata Saya


Isi blog ini saya akan menjelaskan tentang Fungsi dari menu file dalam microsoft office word dan yang kedua yaitu cara menghitung gaji pegawi menggunakan rumus excel  ini sangat mudah dipahami bagi pemula  :)

     a. Cara membuka microsoft word 

        
Microsoft word merupakan salah satu bagian dari program Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata atau yang biasanya digunakan untuk membuat tulisan. Seperti menulis artikel, makalah,novel, cerpen, dll.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuka Microsoft Office Word 


Cara satu

  1. Klik menu start.
  2. Pilih All Program.
  3. Pilih dan klik Microsoft Office.
  4. Pilih dan klik Microsoft Office Word
  5. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word ditampilkan.

cara dua

  1. Double klik icon Microsoft Office Word pada layar destop komputer anda.
  2. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word ditampilkan.
 Cara ketiga
  1. Klik menu start
  2. Pilih dan klik microsoft office word 
  3. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word ditampilkan.
 b.Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word
      
     Sebelum melangkah ke pembahasan fungsi dari menu File, tahap pertama yang perlu kalian perhatikan adalah memahami bagian dari fungsi menu bar serta fungsi icon dari microsoft office word ini.



     Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai menu serta fungsi dari setiap masing - masing menu yang terdapat di office word

               


Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon Word 2010

A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 


Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word  adalah sebagai berikut :
  1. Tab File
  2. Tab Home
  3. Tab Insert
  4. Tab Page Layout
  5. Tab References
  6. Tab Maillings
  7. Tab Review
  8. Tab View

B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 


Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word  yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai berikut
  1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
  2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
  3. Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
C. Pengertian Title Bar Office Word 
Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .

D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 

Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
  1. Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop. 
  2. Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
E. Pengertian Status Bar Di Office Word 

Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.

F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File

   PENJELASAN FUNGSI DARI MENU PADA FILE


1.       Save           
Ikon Save ini digunakan untuk melakukan penyimpanan dokumen baik dokumen yang baru dibuat ataupun dokumen lama yang telah diubah/diedit
2.       Save As     
Save As mempunyai fungsi yang sama dengan Save apabila digunakan untuk menyimpan dokumen yang baru, tetapi jika digunakan untuk menyimpan dokumen lama baik yang sudah diubah ataupun yang belum diubah sama sekali maka Save As akan berfungsi sebagai penyimpan ulang, dengan kata lain Anda akan membuat lebih dari 1 (satu) dokumen yang sama.
Nantinya dokumen yang sama tersebut haruslah diberi nama yang berbeda minimal satu karakter, apabila penyimpanan ulang dilakukan pada tempat/folder yang sama. Tetapi jika penyimpanan dilakukan pada tempat yang berbeda nama yang sama persis tetap dapat dilakukan.
3.       Open         
Ikon Open berguna untuk membuka dokumen Microsoft Word yang pernah disimpan sebelumnya di dalam komputer.
4.       Close          
Ikon/Tombol ini berguna untuk menutup sebuah lembar kerja Microsoft Word yang sedang digunakan.
5.       Info            
Ketika ikon Info di klik maka muncul 3 (tiga) buah tombol yaitu
·           Protect Document, berfungsi untuk memprotek ataupun mengunci dokumen. Hal ini dilakukan jika Anda tidak ingin ada orang lain yang membuka, mengkopi ataupun mengganti bagian dari dokumen Microsoft Word yang anda akan protect tersebut.
·           Check for Issue, berfungsi sebagai pemeriksa issue.
·           Manage Versions, berfungsi untuk mengatur versi file.

6.       Recent      
Recent adalah Ikon yang berguna untuk menampilkan dokumen atau folder yang pernah dibuka baru-baru ini.
7.       New           
New digunakan ketika akan membuat sebuah dokumen baru, dokumen baru tersebut dapat berupa dokumen kosong secara baku (default) maupun dokumen baru yang sudah menggunakan template bawaan Microsoft Word.
8.       Print
Ikon ini berguna untuk melakukan proses pencetakan dokumen yang sedang aktif.
9.       Save and send :
Ikon ini berguna untuk menyimpan dokumen dengan cara mengirimkan ke berbagai pilihan lokasi, sesuai dengan tombol-tombol yang ada didalam  ikon Save & Send ini, yaitu :
a.       Send using email
b.      Save to web
c.       Save to sharePoint
d.      Publish as blog post
File Types
e.      Change file type
f.        Create PDF/XPS Document
10.   Help
Help digunakan apabila membutuhkan bantuan seputar Microsoft Office.
Support
11.   Options :
Ikon ini berfungsi untuk menampilkan jendela Word Option, Jendela Word Option sendiri berisi berbagai macam menu untuk setting Microsoft Word.
12.   Exit
Exit berfungsi untuk keluar dari program Microsoft Word, dengan kata lain ketika ikon ini diklik maka seluruh lembar kerja Microsoft Word yang dibuka akan tertutup seluruhnya. 


== Untuk lebih lengkapnya bisa == klik disini

  

Selanjutnya yaitu saya akan menjelaskan bagai mana menghitung Gaji pegawai menggunakan rumus Excel

-     Cara mencari LAMA KERJA
-     Cara mencari STATUS      
-     Cara mencari TUNJANGAN KELUARGA  
-     Cara mencari TUNJANGAN PENGABDIAN
-     Cara mencari TOTAL GAJI



CARA MENGHITUNG GAJI PEGAWAI MENGGUNAKAN RUMUS EXCEL




https://ayucantikauwgm.blogspot.com/2018/12/tutorial-menghitung-gaji-pegawai.html


Rumus EXCEL untuk mencari NILAI SISWA KLIK DISINI

Menghitung Gaji Pegawai Tunjangan Istri Tunjangan anak menggunakan rumus Excel KLIK DISINI


Rumus Excel Unuk mencari KODE BARANG untuk Pemula Klik disini