Assalamualaikum wr.wb
Sebelum saya menjelaskan isi blog ini kenalan dulu yuk klik Biodata Saya
Isi blog ini saya akan menjelaskan tentang Fungsi dari menu file dalam microsoft office word dan yang kedua yaitu cara menghitung gaji pegawi menggunakan rumus excel ini sangat mudah dipahami bagi pemula :)
a. Cara membuka microsoft word
Microsoft word merupakan salah satu bagian dari program Microsoft
Office yang digunakan untuk mengolah kata atau yang biasanya digunakan
untuk membuat tulisan. Seperti menulis artikel, makalah,novel, cerpen,
dll.
Berikut adalah beberapa cara untuk membuka Microsoft Office Word
Cara satu
- Klik menu start.
- Pilih All Program.
- Pilih dan klik Microsoft Office.
- Pilih dan klik Microsoft Office Word
- Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word ditampilkan.
cara dua
- Double klik icon Microsoft Office Word pada layar destop komputer anda.
- Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word ditampilkan.
Cara ketiga
- Klik menu start
- Pilih dan klik microsoft office word
- Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word ditampilkan.
b.Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word
Sebelum melangkah ke pembahasan fungsi dari menu File, tahap
pertama yang perlu kalian perhatikan adalah memahami bagian dari fungsi menu
bar serta fungsi icon dari microsoft office word ini.
Dalam artikel ini, saya akan
mencoba menjelaskan secara detail mengenai menu serta fungsi dari setiap masing
- masing menu yang terdapat di office word
Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon Word 2010
A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada
microsoft office word dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat
menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian
sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang
termasuk kedalam tab menu office word adalah sebagai berikut :
- Tab File
- Tab Home
- Tab Insert
- Tab Page Layout
- Tab References
- Tab Maillings
- Tab Review
- Tab View
B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word
Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian
utama menu office word yang menampilkan beberapa menu akses cepet
seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu
kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana
kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang
disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool
tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan
dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori
ribbon adalah sebagai berikut
- Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
- Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
- Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
C. Pengertian Title Bar Office Word
Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang
sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan
keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .
D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word
Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian
gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual
tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi
menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
- Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop.
- Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
E. Pengertian Status Bar Di Office Word
Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan
informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan
informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja
dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.
F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File
PENJELASAN FUNGSI DARI MENU PADA FILE
1. Save
Ikon Save ini digunakan untuk melakukan
penyimpanan dokumen baik dokumen yang baru dibuat ataupun dokumen lama yang
telah diubah/diedit
2. Save
As
Save As mempunyai fungsi yang sama dengan
Save apabila digunakan untuk menyimpan dokumen yang baru, tetapi jika digunakan
untuk menyimpan dokumen lama baik yang sudah diubah ataupun yang belum diubah
sama sekali maka Save As akan berfungsi sebagai penyimpan ulang, dengan kata
lain Anda akan membuat lebih dari 1 (satu) dokumen yang sama.
Nantinya dokumen yang sama tersebut haruslah diberi nama yang berbeda minimal satu karakter, apabila penyimpanan ulang dilakukan pada tempat/folder yang sama. Tetapi jika penyimpanan dilakukan pada tempat yang berbeda nama yang sama persis tetap dapat dilakukan.
Nantinya dokumen yang sama tersebut haruslah diberi nama yang berbeda minimal satu karakter, apabila penyimpanan ulang dilakukan pada tempat/folder yang sama. Tetapi jika penyimpanan dilakukan pada tempat yang berbeda nama yang sama persis tetap dapat dilakukan.
3. Open
Ikon Open berguna untuk membuka dokumen
Microsoft Word yang pernah disimpan sebelumnya di dalam komputer.
4. Close
Ikon/Tombol ini berguna untuk menutup
sebuah lembar kerja Microsoft Word yang sedang digunakan.
5. Info
Ketika ikon Info di klik maka muncul 3
(tiga) buah tombol yaitu
·
Protect
Document, berfungsi
untuk memprotek ataupun mengunci dokumen. Hal ini dilakukan jika Anda tidak
ingin ada orang lain yang membuka, mengkopi ataupun mengganti bagian dari
dokumen Microsoft Word yang anda akan protect tersebut.
·
Check
for Issue, berfungsi
sebagai pemeriksa issue.
·
Manage
Versions, berfungsi
untuk mengatur versi file.
6. Recent
Recent adalah Ikon yang berguna untuk
menampilkan dokumen atau folder yang pernah dibuka baru-baru ini.
7. New
New digunakan ketika akan membuat sebuah
dokumen baru, dokumen baru tersebut dapat berupa dokumen kosong secara baku
(default) maupun dokumen baru yang sudah menggunakan template bawaan Microsoft
Word.
8. Print
Ikon ini berguna untuk melakukan proses
pencetakan dokumen yang sedang aktif.
9.
Save and send :
Ikon
ini berguna untuk menyimpan dokumen dengan cara mengirimkan ke berbagai pilihan
lokasi, sesuai dengan tombol-tombol yang ada didalam ikon Save & Send
ini, yaitu :
a.
Send using email
b.
Save to web
c.
Save to sharePoint
d.
Publish as blog post
File Types
e.
Change file type
f.
Create PDF/XPS Document
10.
Help
Help
digunakan apabila membutuhkan bantuan seputar Microsoft Office.
Support
11.
Options :
Ikon
ini berfungsi untuk menampilkan jendela Word Option, Jendela Word Option
sendiri berisi berbagai macam menu untuk setting Microsoft Word.
12.
Exit
Exit
berfungsi untuk keluar dari program Microsoft Word, dengan kata lain ketika
ikon ini diklik maka seluruh lembar kerja Microsoft Word yang dibuka akan
tertutup seluruhnya.
== Untuk lebih lengkapnya bisa == klik disini
Selanjutnya yaitu saya akan menjelaskan bagai mana menghitung Gaji pegawai menggunakan rumus Excel
- Cara mencari LAMA KERJA
- Cara mencari STATUS
- Cara mencari TUNJANGAN KELUARGA
- Cara mencari TUNJANGAN PENGABDIAN
- Cara mencari TOTAL GAJI
CARA MENGHITUNG GAJI PEGAWAI MENGGUNAKAN RUMUS EXCEL